500k vs. 50k lipstick series : Yves Saint Laurent rouge pur couture the mats vs. NYX lip smacking fun colors



 
Another 500k vs. 50k lipstick series. Tujuan aku bikin series ini adalah : sebagai pertimbangan kalo lipstick yg lebih murah ga selalu kalah sama lipstick yg harganya selangit. Dan milih lipstick jangan cuma berdasarkan brand atau harga tapi liat juga kebutuhan pemakaiannya (misalnya : untuk pesta, untuk sehari-hari, dll). Kalo kamu lip junkie yg pingin coba banyak warna tapi jarang make lipstick sampe abis, sebaiknya yg drugstore aja, tapi kalo kamu tipe yg punya lipstick 1 tapi berkualitas mending high-end. Atau untuk warna tertentu seperti merah, boleh juga punya lipstick high-end untuk investasi jangka panjang (dah kayak rumah aja khan).

Kali ini aku mau bandingin antara lipstick high-end dan drugstore (walaupun disini NYX termasuk make up department store, tapi di negara asalnya dia masuk drugstore) yaitu YSL rouge pur couture the mats dan NYX lip smacking fun colors. Warna yg aku pilih adalah warna merah yg pastinya jadi item wajib setiap cewek. Untuk YSL shade nomor 202 Rose Crazy dan NYX shade nomor LSS513 Electra.  Tapi walaupun sama-sama merah, ada sedikit perbedaan antara kedua lipstick ini. Seperti yg bisa dilihat pada gambar di bawah, YSL berwarna merah cenderung berry sedangkan NYX berwarna merah ke arah gradasi cokelat kayak warna apple Washington gitu.
Atas : YSL, Bawah : NYX

 
YSL the mats
NYX lip smacking
Tekstur
Lembut, untuk ukuran lipstick dengan pigmentation tinggi termasuk gak terlalu berat
Terasa agak berminyak di bibir dan kayak ga kering-kering; somehow ngerasa di lipstick jenis ini warna yg terang kayak electra kerasa agak berat, tapi warna nude (misalnya shade pumpkin pie) ga kerasa berat.
Pigmentation
Setara sama NYX : sekali swatch langsung keluar warnanya
Setara sama YSL : sekali swatch langsung keluar warnanya
Finishing
Matte
Glossy
Staying power
6 jam (ga usah re-touch; walaupun abis makan/ minum tapi tetap menyisakan warna di bibir)
Kalo sebelumnya pake lip liner, ga usah re-touch.
3-4 jam, harus hati-hati kalo abis makan terutama yg berminyak karena warnanya bisa beleber ke luar garis bibir; ga cantik banget karena ini warnanya terang.
Harga
Rp 550.000,-
Rp 48.000,- (beli di online shop sekitar 2 tahun lalu, sekarang harga di counter Rp 69.000,-)
Netto
3.8 gram
Gak ditulis di lipstiknya
Made in
France
Taiwan (USA licensed)

Overall kalo disuruh milih, aku lebih pilih YSL karena diluar packagingnya yg warna gold dan terkesan mewah, pigmentationnya bagus, gak kerasa berat di mulut, dan tahan lama bahkan gak perlu re-apply kalo sebelumnya pake lip liner.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Review : L.A. Girl Matte Flat Velvet Lipstick

Review & swatches : The Balm Manizers Sisters

Review : Laneige Cushion BB Cream Pore Control