How to stop being a make up junkie (Step by step)



Step 1 : Batasi belanja make up dan buat pengalaman keberhasilan sebagai motivasi diri
Bullshit banget kalo gw disuru berhenti beli make up sama sekali. Kebiasaan bertahun-tahun gak mungkin bisa berenti dalam sekejap. Akhirnya gw mencoba bikin aturan sendiri yg masih realistis tapi gw masih sanggup buat ngejalaninnya. Aturannya simple : dalam sebulan gw cuma boleh beli 5 item make up, termasuk make up yg gw butuh. Jadi misalnya gw di bulan ini udah ngerasa harus beli eyeliner baru karena udah mau habis, jadinya jatah make up yg gw mau tinggal 4 item. Awalnya gilaaaaaaak susah banget dan mendadak kok godaan jadi lebih banyak yah. Tapi begitu bulan ketiga dst, perlahan lebih gampang buat ngejalaninnya setelah ada pengalaman yg berhasil di bulan pertama dan kedua.

Step 2 : Cut akses ke media sosial yg bikin kita “tergoda” buat belanja make up
Langkah kedua gw waktu itu adalah unfollow hampir semua beautyvlogger yg gw follow di instagram, dan unsubscribed di youtube. Gw cuma menyisakan beberapa beautyvlogger yg emang gw suka banget, dan beberapa cewek yg lagi sama-sama lagi berjuang buat ngatasin make up addiction. Just so you know, beautyvlogger ini banyak yg di-endorse (walaupun mereka pasti udah keluar modal banyak pada awalnya)…jadi kurang real kalo kita mikir kita bisa dengan santa punya make up dan belanja make up sebanyak mereka tanpa ada efek finansial. Sekali lagi ya, kecuali karir lo emang terkait di bidang make up, ya itu gapapa. Justru lo perlu banyak referensi.

Step 3 : Cari sosial support jika perlu
Di saat itu, untungnya gw bisa mengatasi masalah itu sendiri. Tapi kalo lo ngerasa kurang motivasi atau kurang kuat pendiriannya (dan ini manusiawi banget), coba cari orang sekitar yg bisa jadi support system. Orang ini bisa pacar, suami, keluarga, sahabat, teman, etc. Tugas support system ini antara lain : memberi apresiasi saat lo berhasil, memberi tambahan motivasi di saat lo merasa down dan udah ga sanggup lagi mengubah kebiasaan jelek lo ini.

Setelah berhasil stop menjadi make up junkie, di postingan selanjutnya gw akan bahas mengenai gimana caranya waktu itu gw berhasil maintain supaya ga balik ke habit lama yg jelek itu.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Review : L.A. Girl Matte Flat Velvet Lipstick

Review : Laneige Cushion BB Cream Pore Control

Review & swatches : The Balm Manizers Sisters